Independen, Aktual dan Cepat
TNI  

Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kunker Wapres RI di Wilayah Sorong Tahun 2024

Sorong Papua Barat Daya – Kapoksahli Pangdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan S.Sos., M.Si., selaku Dansatgas Pam VVIP pimpin apel gelar pasukan Dalam Rangka Pam VVIP Kunjungan Kerja Wakil Presiden Republik Indonesia di Wilayah Sorong Provinsi Papua Barat Daya bertempat di Lapangan Apel Makorem Jl. Pramuka No. 01 Kelurahan Malaisamso, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Selasa (04/06/2024).

 

Kapoksahli Pangdam XVIII/Kasuari, membacakan amanat Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr. (Han). Saat bertindak sebagai Dansatgas Pam VVIP dalam Rangka Pam VVIP Kunjungan Kerja Wakil Presiden Republik Indonesia.

 

Dalam amanatnya, Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI adalah sebuah kehormatan bagi kita semua. Oleh karena itu, kita harus menunjukkan kesiapan dan profesionalisme yang tinggi dalam melaksanakan tugas pengamanan ini, pengamanan VVIP adalah tugas yang sangat penting dan memerlukan perhatian serta koordinasi yang baik di antara seluruh komponen yang terlibat.

 

Untuk itu, saya selaku Pangdam XVIII/Kasuari perlu melakukan apel gelar kesiapan PAM VVIP dalam rangka kunjungan kerja Wakil Presiden beserta ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin ke Kota Sorong, ini merupakan bentuk pengecekan dan melihat sejauh mana kesiapan baik dari Organisasi, Personel, Materiil, alat perlengkapan maupun sarana pendukung lainnya yang akan digunakan dalam tugas pengamanan sehingga kunjungan kerja Wakil Presiden RI di wilayah Papua Barat Daya terkhusus di Kota Sorong dapat berjalan secara aman, lancar dan terkendali.

 

Kodam XVIII/Kasuari selaku komando tugas gabungan terpadu Papua Barat dan Papua Barat Daya yang bertugas merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan operasi pengamanan VVIP serta pengamanan instalasi VVIP kurun waktu 2024 di wilayah yang dikunjungi oleh VVIP dalam rangka menjamin keselamatan, keamanan objek serta tetap tegaknya kehormatan, kedaulatan negara, martabat dan kewibawaan pemerintah Indonesia.

 

Penjabaran dari tugas pokok yaitu dengan melaksanakan Operasi Pengamanan VVIP meliputi pengamanan Rute, Kegiatan, Penyelamatan Taktis dan Medis Ring I, Ring II, Ring III serta Penyelidikan, pengamanan dan penggalangan di wilayah kunjungan VVIP guna mendukung tugas pokok Mabes TNI.

 

Selanjutnya, perlu kita ketahui bahwa, tujuan dari operasi ini adalah menjamin keamanan VVIP selama melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kota Sorong, serta tidak terdapat ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan Wakil Presiden RI beserta ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin. Untuk itu kepada personel yang terlibat agar bertanggung jawab pada pelaksanaan kegiatan pengamanan tersebut.

 

Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan berharap para Dansubsatgas untuk Menempatkan Pasukan di posisi yang sudah ditentukan atau siapkan. Apabila ada Hal-hal yang menjadi kendala, masih ada waktu hari ini kesempatan untuk memperbaiki, harapnya.

 

Dansatgas Pamwil Kunker Wapres RI menekankan agar melaksanakan tugas yang mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab, tegasnya.

 

Apel gelar kesiapan PAM VVIP dalam rangka kunjungan kerja Wakil Presiden beserta ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin ke Kota Sorong ini di ikuti sekitar 1.028 personel.

 

Turut hadir, Danlanud Manuhua Marsma TNI Dedy Ilham Suryanto Salam, S.Sos., M.M,. Danpasmar 3 Brigjen TNI. Mar. Sugianto S,Sos., M.M,. Ir Koarmada III Laksamana Pertama Ahman Santoso, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat Daya Jhoni Way, S.Hut., M.Si., Kasi Ren Rem 181/PVT Kolonel Czi. Ary Syahrial, S.E., Kasi Intel Kasrem 181/PVT Kolonel Inf. Dody Yudha, S.I.P., M.Tr (Han)., Wadanlantamal XIV/Sorong Kolonel Marinir Rio Sukanto, M.Tr., Hanla., Kabagduk Ops Binda Papua Barat Daya Kolonel Laut Toto Nuryanto, Kapolresta Sorong Kota Kombes Pol. Happy Perdana Yudianto S.IK.M.H., Wadirpolairud Polda Papua Barat AKBP. Andy Prihastomo, Danyon RK 762/VYS Letkol Inf. Dwi Haryanto, Danyon Zipur-20/PPA Letkol Czi. Moch Zaenal Wafa, Wakapolresta Sorong Kota AKBP Mathias Yosia Krey, S.Pd., Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Papua Barat Daya Kompol Jandry Denny Sairlela, S.I.K.

 

(Tim/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *