Independen, Aktual dan Cepat
TNI  

Dandim Kukar : Peringatan Harkitnas Momen Terapkan Nilai-Nilai Persatuan Dan Kesatuan

Kutai Kartanegara – Dalam rangka memperingati lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908, pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 bertempat di halaman kantor Bupati Kukar yang berada di jalan Wolter Mongonsidi Kelurahan Timbau Kecamatan Tenggarong, kabupaten Kukar. Senin (20/5/2024).

Pada upacara peringatan Harkitnas tahun 2024 ini mengusung tema Bangkit Menuju Indonesia Emas dan dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar diantaranya Bupati Kukar, Drs Edi Damansyah, Dandim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr), Letkol Czi Damai Adi Setiawan, Kapolres Kukar, AKBP Hery Rusyaman, Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasyid, Sekda Kukar, Sunggono serta para asisten dan OPD setkab Kukar.

Dalam amanatnya, Bupati Kukar Edi Damansyah bertindak selaku inspektur upacara membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi yang menyebutkan bahwa hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang dirayakan hari ini.

“Sebagaimana diketahui 116 tahun lalu bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala, hal itu ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908”.

Selanjutnya Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia telah berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru, tuturnya.

Usai pelaksanaan upacara, Dandim 0906/Kkr Letkol Czi Damai Adi Setiawan juga menyebut bahwa hari kebangkitan nasional harus dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama.

“Baik kementerian, lembaga, pemda dan instansi lainnya harus saling bahu membahu berkolaborasi guna menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dan sebagai generasi penerus bangsa tentunya harus melanjutkan keberlangsungan atau keberlanjutan pembangunan negara termasuk diwilayah kabupaten Kukar ini”, tegas Dandim.

Sumber Kodim 0906/Kkr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *