Independen, Aktual dan Cepat
TNI  

Kasal : Perguruan Tinggi Berperan Penting Dalam Mendukung Pengembangan Riset dan Teknologi Pembangunan Nasional

JAKARTA  — Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, sebagai ketua Pembina Yayasan Nala, menghadiri acara wisuda ke-59 Program Strata 1 dan Wisuda ke-37 Program Strata 2 Universitas Hang Tuah Tahun Akademik 2023-2024 di Gedung Graha Samudera Ganesa, Kampus Laut Biru Surabaya, Sabtu (18/05/2024).

Di usianya yang ke 37 tahun, sejak berdiri dan diresmikan pertama kalinya pada tanggal 12 Mei 1987 hingga 2024 saat ini, sebagai perguruan tinggi swasta terakreditasi unggulan, pada tahun ini Universitas Hang Tuah dalam upacara yang dipimpin oleh Rektor UHT Laksamana Muda TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. H. Supartono, MM., CIQaR telah mewisuda sebanyak 404 wisudawan yang terdiri dari program sarjana sebanyak 375 orang dan program magister 29 orang dari berbagai disiplin ilmu. Dengan demikian, hingga saat ini Universitas Hang Tuah telah mewisuda total sebanyak 16.408 wisudawan terdiri dari 2.819 lulusan D3 Pelayaran, 12.831 lulusan S1, dan 758 lulusan S2.

Rektor Universitas Hang Tuah, Laksamana Muda TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. H. Supartono, MM., CIQaR, yang memimpin langsung upacara wisuda menyampaikan bahwa universitas selalu menambahkan elemen kelautan dan kemaritiman dalam semua program studi maupun penelitian. Komitmen ini juga terlihat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat pesisir.

Kasal dalam amanat tertulis yang dibacakan Wakasal mengucapkan selamat kepada para wisudawan serta orang tua dan keluarga mereka. Kasal juga memberikan apresiasi tinggi kepada ketua dan pengurus Yayasan Nala, rektor, staf, dan dosen Universitas Hang Tuah atas dedikasi dan kerja keras dalam penyelenggaraan program pendidikan.

“Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pengembangan riset dan teknologi dalam pembangunan nasional. Tentu saja peran ini sangat dibutuhkan guna mewujudkan bangsa Indonesia yang mampu bersaing dan unggul hingga skala global. Demikian halnya dengan Universitas Hang Tuah yang selama ini telah menunjukkan peran aktif secara konsisten dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas dan didasarkan pada visi dan misi kelautan maupun kemaritiman nasional”, pungkas Kasal.

Diakhir sambutannya, Kasal berharap UHT dapat terus meningkatkan prestasi dan kontribusinya di masa mendatang, memperkuat posisinya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang unggul dan berintegritas di Indonesia.

Adapun 404 wisudawan yang di wisuda antara lain 45 orang dari Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, 152 orang dari Fakultas Kedokteran dan 5 orang dari prodi Farmasi, 46 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 52 orang dari Fakultas Hukum, 73 orang dari Fakultas Kedokteran Gigi, dan 36 orang dari Fakultas Psikologi.

Selain itu juga, penghargaan khusus diberikan kepada wisudawan terbaik dengan predikat “Dengan Pujian” untuk program S1 dan S2. Wisudawan terbaik S1 termasuk Dhimas Ramadhan (Teknik Perkapalan), Andrew Kristiawan (Teknik Sistem Perkapalan), dan lainnya, sementara wisudawan terbaik S2 adalah Anita Puji Utami (Magister Adm. Publik) dan Trisna Wulaningsih (Magister Hukum). Penghargaan Kredit Poin Keaktifan Mahasiswa tertinggi diraih oleh Martiana Dewi (Adm. Publik), Restu Noveyanti (Psikologi), dan Denny Darmawan (Psikologi).

Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *