Independen, Aktual dan Cepat
TNI  

Selesai Pelaksanaan Latihan Pendaratan Amfibi, Koarmada III, Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan di Manokwari

Manokwari PB – Koarmada III mengelar latihan tempur pendaratan Amfibi di Pantai Ransiki Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat. Latihan pendaratan tersebut dipimpin Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada III, Laksamana Pertama TNI Wawan Trisatya Atmaja, SE.MAP., yang menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas (Satgas) pada pelaksanaan operasi tersebut dengan mengerahkan beberapa unsur Kapal Perang Koarmada III diantaranya, KRI Teluk Wondama-527, KRI Panah-625, KRI Layaran-854, KRI Dorang-874, serta Helikopter TNI AL Panther AS 565 MBe, Satkopaska, Dislambair Koarmada III, Prajurit dan Kendaraan Tempur Ranfib BTR 50 PM dan Tank PT 76 Marinir (Pasmar 3). Senin (29/04/24).

Adapun kegiatan operasi tersebut pada beberapa hari sebelumnya, dimulai dengan Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan di Dermaga Koarmada III yang dipimpin Panglima Komando Armada (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla, untuk mengecek tingkat kesiapan Satuan Tugas (Satgas) Operasi yang akan dilaksanakan Koarmada III.

Komandan Guspurla Koarmada III, mengatakan bahwa Koarmada III melaksanakan Operasi tersebut untuk menjamin keamanan, melindungi kepentingan, serta mencegah dan menangani segala bentuk pelanggaran hukum, membina kemampuan tempur unsur-unsur SSAT dalam Gugus Tugas dan membina potensi maritim di daerah operasi, pada perairan wilayah kerja Koarmada III dan perairan yurisdiksi nasional Indonesia dalam rangka mendukung Tugas TNI Angkatan Laut.

Selain itu dikatakannya bahwa pada latihan pendaratan ini, dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pemantapan penguasaan doktrin, taktik, teknis, dan prosedur secara tepat dalam pelaksanaan operasi pendaratan amfibi.

Dimana latihan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dalam pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul, serta penyelarasan doktrin, operasi, latihan, dan sistem latihan yang fleksibel dan adaptif terhadap dinamika situasi terkini,” ungkap Komandan Guspurla Koarmada III.

Sebelum pelaksanaan latihan pendararatan Amfibi di Pantai Ransiki Kabupaten Manokwari Papua Barat, unsur Koarmada III yang terdiri dari 4 (Empat) KRI dan 1 (satu) Pesawat Helikopter, melaksanakan serial latihan diantaranya, yaitu Latihan Photoex, Mantak, Asuwex, Latnubika atau DCEX, Flag Hoist dan Publikasi Taktis.

Pada bagian lain, Komandan Guspurla Koarmada III menyampaikan, bahwa Koarmada III juga menggelar bakti sosial dan bakti Kesehatan, dimana kegiatan tersebut berlangsung setelah selesai pelaksanaan pendaratan amfibi di Pantai Ransiki.

Dalam pelaksanaan bakti sosial serta bakti Kesehatan terdapat beberapa kegiatan diataranya pameran alutsista, karya Bakti di Gereja Klasis Ransiki Jemaat Imanuel Warbiadi dan Masjid Bani Jibrin Indoryeki, serta pengobatan masal kepada Masyarakat Indoryeki Ransiki yang mendapatkan respon antusias dari masyarakat setempat, dimana masyarakat merasa senang dan bersyukur bisa dibantu dan didatangi Prajurit TNI pada umumnya dan TNI Angkatan Laut pada khususnya.

(Tim/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *