Independen, Aktual dan Cepat
TNI  

Kodim 1505 Tidore, Beri Materi Wawasan Kebangsaan dan Pelatihan PBB kepada Pelajar SMAN 9 Tidore Kepulauan

Tidore, 16 Mei 2024 — Kodim 1505/Tidore kembali menunjukkan komitmennya dalam membentuk karakter generasi muda melalui pemberian materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan pelatihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) kepada pelajar SMAN 9 Tidore Kepulauan.

Kegiatan yang berlangsung di SMAN 9 Tikep, Kelurahan Mafututu, Kecamatan Tidore Timur ini diikuti dengan antusias oleh puluhan siswa yang terlihat bersemangat menerima materi dari para anggota TNI.

Komandan Kodim 1505/Tidore, Letkol Kav Calter Purba, ST, melalui Pgs. Pasiter Kodim 1505/Tidore Kapten Inf Mujiyono, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin Kodim 1505/Tidore dalam rangka meningkatkan rasa cinta tanah air dan disiplin di kalangan pelajar.

“Kami ingin menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan semangat patriotisme kepada generasi muda sejak dini. Melalui Wasbang dan PBB, kami berharap para siswa dapat memahami pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Materi Wawasan Kebangsaan yang diberikan meliputi sejarah perjuangan bangsa Indonesia, pentingnya mempertahankan keutuhan NKRI, dan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Selain itu, pelatihan PBB bertujuan untuk meningkatkan disiplin, kekompakan, serta kerapian dalam baris-berbaris yang merupakan bagian penting dari pendidikan karakter.

Kepala SMAN 9 Tidore Kepulauan, Muhammad Husen, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kodim 1505/Tidore. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa dalam membentuk sikap disiplin dan cinta tanah air. “Kami sangat berterima kasih kepada Kodim 1505/Tidore yang telah memberikan materi yang sangat berharga bagi siswa-siswi kami. Semoga kerjasama ini terus berlanjut di masa mendatang,” katanya.

Para siswa yang mengikuti kegiatan ini juga merasa senang dan bangga bisa mendapatkan pelatihan langsung dari anggota TNI. Salah seorang siswa, Akbar, mengatakan, “Kami jadi lebih mengerti pentingnya nilai-nilai kebangsaan dan bagaimana menjadi warga negara yang baik. Pelatihan PBB juga mengajarkan kami tentang kedisiplinan dan kekompakan.”

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa SMAN 9 Tidore Kepulauan tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat sebagai generasi penerus bangsa yang cinta tanah air dan siap menjaga keutuhan NKRI. Kodim 1505/Tidore berencana untuk terus melakukan kegiatan serupa di sekolah-sekolah lain di wilayah Tidore Kepulauan guna memperluas jangkauan pembinaan karakter dan wawasan kebangsaan kepada generasi muda.***

(Penerangan Kodim 1505/Tidore | Andre)

Editor: [Andre]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *