Independen, Aktual dan Cepat
Daerah  

Manfaatkan Istirahat Siang, Anggota Satgas TMMD Reg Komsos dengan Warga desa Wirun

Sukoharjo (26/05/24). Interaksi sosial adalah naluri mahkluk sosial dimanapun berada, demikian halnya dengan para anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke – 120 Kodim 0726/Sukoharjo TA. 2024, saat istirahat siang lepas kerja pembuatan Talud jalan di sasaran fisik TMMD, mereka manfaatkan untuk melakukan komunikasi sosial (Komsos) dengan warga Desa dukuh Pabrik, desa Wirun, Kec. Mojolaban yang turut membantu penyelesaian pekerjaan TMMD Sengkuyung tersebut.

Meskipun anggota Satgas TMMD dari Kesatuan Yonif Raider 408/Sbh maupun dari Kompi Brimob Polri adalah Pasukan Non Kowil, namun kemampuan Pembinaan Teritorial terbatas harus dimiliki sehingga anggota dituntut untuk mampu berkomunikasi sosial dengan warga. Dimana Metode Komunikasi sosial merupakan salah satu metode Pembinaan Teritorial yang sudah tidak asing lagi bagi para Babinsa di wilayah selalu dilaksanakan setiap waktu.

“Ini merupakan kesempatan bagi adik-adik dari Batalyon, meskipun mereka berasal dari Satuan Tempur dan Non Kowil namun harus tetap memiliki kemampuan Pembinaan Teritorial terbatas,TMMD ini juga merupakan tempat latihan bagi mereka untuk belajar Metode Binter dengan melakukan Komunikasi Sosial,” terang Babinsa Wirun Serma Siswanto.

Tampak para anggota Satgas yang terdiri dari anggota Yonif Raider 408/Sbh dan Kompi Brimob berbincang-bincang dengan warga disela istirahat. Dengan terciptanya suasana santai ini akan terbangun kekompakan antara masyarakat dengan anggota Satgas. Karena TNI lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, nantinya akan kembali lagi ke tengah masyarakat maka hubungan TNI dengan Rakyat harus terjalin dengan baik.

“Ibarat TNI Ikan maka rakyat adalah Airnya, filosofi ini mengandung makna bahwa hubungan antara TNI dengan Rakyat tidak bisa dipisahkan”, tutup Serma Siswanto.

(Agus Kemplu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *