Independen, Aktual dan Cepat
TNI  

Ukur Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim Bojonegoro gelar Garjas Periodik

BOJONEGORO, – Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, pagi ini Selasa (14/5) menggelar Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I tahun 2024. Garjas periodik ini diikuti oleh anggota TNI dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran Kodim 0813 Bojonegoro, serta personel yang akan melaksanakan Uji Kenaikan Pangkat (UKP) di Makodim setempat.

Kesegaran Jasmani atau Garjas ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap periodik (6 bulan), dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan para prajurit dan PNS akan kebugaran fisik dalam kesamaptaan jasmani secara berkala.

Dalam pelaksanaanya, Garjas tersebut meliputi Samapta A dan Samapta B, yang mana Samapta A itu sendiri melakukan lari selama 12 menit. Sedangkan untuk Samapta B meliputi Push Up, Sit Up, Pull Up dan Shuttle Run. Kemudian, setelah melaksanakan Samapta A dan B, para anggota melanjutkan ketangkasan renang dengan jarak 50 meter.

Kepada seluruh peserta Garjas, Pasipers Kodim 0813 Bojonegoro, Letda Inf Muhtarom, berpesan, agar dapat melaksanakan kegiatan tes kesamaptaan tersebut dengan semaksimal mungkin. Namun demikian, yang perlu diperhatikan adalah faktor keamanan dan keselamatan.

Selain itu, bagi prajurit yang mengikuti Garjas ini agar melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh tim kesehatan yang sudah ada. “Pengecekan kesehatan ini merupakan syarat utama bagi para prajurit apakah memenuhi syarat atau tidak dalam mengikuti kegiatan Samapta. Hal ini, untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *