Independen, Aktual dan Cepat
TNI  

Antisipasi Gangguan Kesehatan Prajurit dan Keluarga, Korem 071/Wijayakusuma lakukan Fogging di Asmil Sokaraja

Banyumas,– Dalam upaya untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), Korem 071/Wijayakusuma melaksanakan kegiatan fogging di area lingkungan Asrama Militer Korem 071/Wijayakusuma yang berlokasi di Sokaraja. Kegiatan tersebut digelar bekerjasama dengan Rumkit TK-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto dan melibatkan seluruh anggota serta keluarga yang tinggal di asrama tersebut. Rabu, 22/5/2024.

Kegiatan fogging tersebut dilakukan sebagai respon cepat terhadap adanya laporan peningkatan kasus demam berdarah di wilayah Purwokerto dan sekitarnya. Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P menyampaikan bahwa kesehatan para prajurit dan keluarga adalah prioritas utama.

“Kegiatan fogging ini merupakan langkah preventif untuk memastikan lingkungan asrama tetap sehat dan bebas dari nyamuk Aedes aegypti, yang menjadi penyebab utama penyakit DBD,” ujarnya.

Fogging dilakukan oleh tim kesehatan Korem 071/Wijayakusuma bekerja sama dengan Rumkit TK-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto. Selain fogging, juga dilakukan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan pemberantasan sarang nyamuk. Para penghuni asrama diberikan pengetahuan tentang cara-cara efektif untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk, seperti menguras, menutup, dan mendaur ulang barang-barang yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan kami merasa lebih aman tinggal di sini setelah adanya fogging,” kata Serka Beny, salah satu penghuni asrama. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan seluruh penghuni asrama.

Selain itu, Korem 071/Wijayakusuma juga mengajak seluruh masyarakat di sekitar asrama untuk turut serta dalam upaya pencegahan DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. “Kami berharap masyarakat sekitar juga aktif berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Ini bukan hanya tanggung jawab kami di asrama, tetapi juga tanggung jawab bersama,” tambah Kolonel Jamaluddin.

Dengan kegiatan fogging ini, diharapkan angka kejadian DBD di wilayah Purwokerto dapat ditekan, khususnya di lingkungan Korem 071/Wijayakusuma dan kesehatan masyarakat tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *