Independen, Aktual dan Cepat
TNI  

Babinsa Koramil 03/Maba, Bantu Warga dalam Proses Pembuatan Sagu

Haltim — Babinsa Koramil 03/Maba Kodim 1505/Tidore kembali menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat dengan membantu salah satu warga dalam proses pembuatan sagu.

Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (23/5) di kebun Bapak Rauf, seorang warga Desa Petelei, Kec. Maba Selatan, Kab. Halmahera Timur yang sehari-hari menggantungkan hidupnya dari produksi sagu.

Serda Hendrawan Muhsin, terjun langsung membantu Bapak Rauf mulai dari tahap awal penebangan pohon sagu, pemisahan batang sagu, hingga pengolahan menjadi tepung sagu siap konsumsi. Kehadiran Babinsa tidak hanya meringankan beban kerja Bapak Rauf tetapi juga memberikan semangat dan motivasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Sebagai Babinsa, sudah menjadi tugas kami untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, membantu dan mendukung kegiatan mereka. Kami senang bisa turut serta dalam proses pembuatan sagu ini, yang juga memberi kami kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang budaya lokal,” ujar Serda Hendrawan Muhsin.

Bapak Rauf merasa sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa. “Saya sangat berterima kasih atas bantuan dari Babinsa. Mereka tidak hanya membantu secara fisik, tetapi juga memberikan dukungan moral yang sangat berarti bagi kami. Dengan bantuan mereka, pekerjaan kami jadi lebih ringan dan cepat selesai,” ungkapnya.

Pembuatan sagu merupakan sumber penghidupan utama bagi banyak warga Petelei. Proses ini memerlukan ketelitian dan tenaga yang tidak sedikit, mulai dari penebangan pohon sagu hingga pengolahan menjadi tepung. Oleh karena itu, bantuan dari Babinsa sangat membantu meringankan beban kerja dan mempercepat proses produksi.

Danramil 03/Maba, Mayor Inf. Halil Majid Jennah, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari upaya TNI untuk selalu dekat dengan masyarakat dan membantu mereka dalam berbagai aspek kehidupan. “Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan semakin mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat. Dukungan kami kepada masyarakat tidak hanya dalam hal keamanan, tetapi juga dalam membantu meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi kerjasama antara TNI dan masyarakat di tempat lain. Dengan adanya sinergi ini, diharapkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat dapat terus meningkat, serta tradisi dan budaya lokal dapat terus dilestarikan.***

(Penerangan Kodim 1505/Tidore | Andre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *