Independen, Aktual dan Cepat
TNI  

Gubernur Akmil, Pimpin Upacara Harkitnas

Magelang, 20 Mei 2024 – Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., memimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Lapangan Sapta Marga, Akmil Magelang. Upacara ini dihadiri oleh seluruh taruna dan organik Akmil, baik militer maupun PNS.

Dalam amanatnya, Gubernur Akmil membacakan pesan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Bapak Budi Arie Setiadi. Beliau menekankan pentingnya kemajuan teknologi sebagai kunci untuk mencapai cita-cita nasional dalam dua dekade ke depan. “Kemajuan teknologi adalah penanda zaman baru. Kita harus menjadi pemain penting dalam menyongsong Indonesia Emas,” ujar beliau.

Hari Kebangkitan Nasional, yang diperingati setiap 20 Mei, mengenang berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908, organisasi yang menanamkan bibit perjuangan kemerdekaan Indonesia. Boedi Oetomo, yang lahir dari sekelompok dokter muda di Batavia, menjadi pelopor dalam memperjuangkan pendidikan dan kebebasan bagi rakyat Hindia Belanda.

Peringatan ini juga mengenang perjuangan Kartini, yang melalui tulisannya, menggagas kemerdekaan, kesetaraan, dan pendidikan bagi bangsa Indonesia. Semangat ini, yang kemudian dirumuskan oleh Bung Karno sebagai “Jembatan Emas”, menjadi landasan perjuangan menuju Indonesia merdeka.

Hari ini, di era kebangkitan kedua, kemajuan teknologi digital menjadi fokus utama. Inovasi-inovasi teknologi mendorong perubahan signifikan dalam kehidupan manusia, membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap dan mencapai status negara maju pada tahun 2045.

Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *