Independen, Aktual dan Cepat
TNI  

Kapoksahli Koarmada III, Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sorong PBD – Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Komando Armada (Koarmada) III Laksamana Pertama TNI Ridwan Prawira, S.T., M.Han. mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla. memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Mako Koarmada III Jl. Yos Sudarso Katapop, Distrik Salawati Kabupaten Sorong Papua Barat Daya. Sabtu (01/05/24).

Adapun peserta upacara adalah para Prajurit Koarmada III yang terdiri dari Deputasi Pejabat Utama Koarmada III, Kasatker, Para Komandan Satuan dan Para Komandan KRI, 1 (satu) Pleton Pamen, 1 (satu) Pleton Pama, 1 (satu) Pleton Bintara pria dan Wanita, 2 (dua) Pleton Senjata, 1 (satu) Pleton Tamtama serta 1 (satu) Pleton PNS (Pegawai Negeri Sipil) jajaran Mako Koarmada III.

Dalam upacara peringatan tersebut Kapoksahli membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, dimana dalam pidatonya tersebut dikatakan bahwa “Pada hari ini, (tanggal) 1 juni 2024, kita memperingati hari lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Diakhir pidato ini, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni, Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila, semoga peringatan hari lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia.

(Tim/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *