Independen, Aktual dan Cepat
TNI  

Kasdim Wakili Dandim 1505 Tidore Hadiri Peringatan Hari Jadi Tidore

TIDORE | Sabtu (13/4/2024). Kasdim (Kepala Staf Kodim) 1505/Tidore Mayor Inf Kusairi mewakili Dandim 1505/Tidore menghadiri dalam peringatan Hari Jadi Kota Tidore yang ke-916. Acara tersebut dipusatkan di depan kedaton Kesultanan Tidore, di mana ratusan warga berkumpul untuk merayakan momen bersejarah tersebut.

Tampak hadir Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim, Wakil Wali Kota Muhammad Sinen, Sultan Jailolo Abdullah Sjah, Ketua DPRD Kota Tidore Abdurrahman Arsyad, Danlanal Kota Ternate Letkol Mar Ridwan Aziz, Kapolresta Tidore Kombes Yury Nurhidayat, perwakilan Kajari Tidore, Sekretaris Daerah Kota Tidore Ismail Dokumalamo, perwakilan Jou Lamo Kesultanan Ternate yakni Jou Kalem, Ketua TP PKK Kota Tidore, Ketua 1 TP-PKK Kota Tidore, serta Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Wiyatno.

Upacara diawali dengan pembacaan Borero Gosimo (pesan leluhur) oleh Sultan Tidore. Borero Gosimo merupakan inti dari peringatan HJT, berisikan pesan-pesan sakral kepada anak cucu Tidore agar selalu taat kepada Allah SWT sebagai pegangan yang sangat penting.

Pada HJT 916 ini juga dilaksanakan beberapa prosesi yakni Rora Ake Dango, ratib di kadaton dan upacara puncak.

Kasdim Mayor Inf Kusairi menyampaikan, ucapan selamat kepada warga Tidore atas pencapaian yang telah diraih selama 916 tahun ini. Ia juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kebersamaan dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Ia menambahkan, Perayaan Hari Jadi Tidore tidak hanya menjadi momentum untuk mengenang sejarah dan mempererat tali persaudaraan, tetapi juga sebagai ajang untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi lokal. Kasdim dan seluruh jajaran Kodim 1505/Tidore berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan dan kemajuan kota ini demi kesejahteraan bersama.

(Pen Kodim 1505/Tidore | Andre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *