Independen, Aktual dan Cepat
Daerah  

Pratu Mardiman Anggota Satgas TMMD Reguler Ke – 120 Latih Tali-Temali Anak Pramuka

Sukoharjo (17/05/24) Selain sasaran Fisik Program TMMD TMMD Kodim 0726/Sukoharjo juga menyasar sasaran Non Fisik baik yang program maupun yang bukan program dalam hal ini adalah spontanitas para anggota Satgas, disamping melaksanakan tugas pembangunan fisik berupa betonisasi, Talud dan lain lain, juga membantu pembinaan ketrampilan kepada anak-anak Pramuka untuk membentuk karakter dan jati diri yang tangguh, berdisplin serta cinta Tanah Air.

 

Seperti yang dilaksanakan Prajurit TNI Pratu Mardiman yang tergabung dalam Satgas TMMD yang berasal dari Batalyon Infanteri Raider 408/Subhrasta ini, tampak Pratu Mardiman sedang melatih anak-anak Pramuka SD Negeri Wirun 5 dengan kemampuan dasar Pramuka yaitu tentang materi tali temali. Pratu Mardiman dengan sabar menyampaikan cara membuat Tiang bendera dengan bahan tongkat dan tali Pramuka.

 

“Selain membuat tiang bendera kami juga ajarkan bagaimanan mendirikan tenda dengan tali temali, mendirikan tenda juga harus tau pemahaman tentang tali temali untuk mengikat tenda tali pada tiang sehingga tenda menjadi tegak dan kuat,” kata Pratu Mardiman

 

Tampak anak-anak sekolah terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, menurut salah seorang siswa mengaku bahwa ini pertama kalinya mereka mendapatkan materi pengetahuan tali temali, apalagi dari bapak TNI.

 

Dalam hal ini Kepala sekolah SD Wirun 5 Ibu Sandya Kurniasri, S.Pd., mengucapkan terimakasih telah membantu anak-anak Pramuka dalam materi tali-temali, Kepala sekolah mengatakan bahwa selama ini memiliki keterbatasan pengetahuan materi tersebut karena belum pernah ada pelatihan sebelumnya.

 

“Dengan Bapak-bapak TNI yang mengajarkan pasti anak-anak lebih cepat mengerti karena disamping diajarkan teori juga langsung praktek, sangat praktis,” ujar Kepala Sekolah.

 

Komandan SSK Letda Inf Nasikin menyampaikan secara terpisah bahwa dirinya selalu mengajak anggota Satga agar lebih peka dengan lingkungan dalam mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, termasuk memberikan wasbang kepada anak-anak sekaloh jika ada kesempatan di sela-sela waktu yang ada.

 

“Diharapkan melalui latihan ini, anak-anak Pramuka SD Negeri Wirun 5 memahami dan mampu mempraktekkan tali temali sehingga kalau ada perkemahan anak-anak bisa menerapkan pengetahuan ini dengan baik,” ungkapnya.

 

(Agus Kemplu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *