Independen, Aktual dan Cepat
TNI  

Dandim 1505/Tidore, Pimpin Upacara Penutupan Perkemahan Bakti Saka Wira Kartika di Makodim

Tidore | Minggu, 16 Juni 2024 – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1505/Tidore, Letkol Kav. Calter Purba, ST, memimpin upacara penutupan Perkemahan Bakti Saka Wira Kartika yang berlangsung di Markas Kodim 1505/Tidore. Acara tersebut diikuti oleh peserta kemah dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Tidore, mencerminkan semangat kebersamaan dan patriotisme di kalangan generasi muda.

Dalam upacara penutupan, Letkol Kav. Calter Purba menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi aktif dan menunjukkan dedikasi selama kegiatan perkemahan. “Perkemahan ini bukan hanya ajang untuk mengasah keterampilan kepramukaan, tetapi juga untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, kedisiplinan, dan kerja sama di kalangan pemuda,” ujarnya.

Kegiatan Perkemahan Bakti Saka Wira Kartika yang berlangsung selama dua hari ini melibatkan berbagai aktivitas seperti pelatihan baris-berbaris, navrat, penanggulangan bencana, Pionir, Survivor, hingga pemberian materi wawasan kebangsaan. Semua kegiatan tersebut dirancang untuk membangun karakter dan keterampilan para peserta, serta meningkatkan rasa cinta tanah air.

Para peserta kemah yang berasal dari berbagai SMA di Kota Tidore tampak antusias dan semangat dalam mengikuti setiap rangkaian acara. Salah satu peserta, Ical, siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tidore, mengungkapkan kesannya, “Pengalaman ini sangat berharga bagi kami. Kami belajar banyak hal, mulai dari kedisiplinan, kerjasama tim, hingga pentingnya berkontribusi bagi masyarakat.”

Pada akhir upacara, Letkol Kav. Calter Purba menyampaikan pesan agar semangat yang telah tertanam selama perkemahan dapat terus dipelihara dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Jadilah pemuda yang tangguh, berintegritas, dan selalu siap berkontribusi untuk bangsa dan negara,” pesan Dandim.***

**(TNI AD, Penerangan Kodim 1505/Tidore | Andre)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *